18 Dhu al-Qidah 1440 :: 21 July 2019

Nasihat Bagi Para Penonton Pertandingan (Bola dan lainnya) Pada Bulan Ramadhan

Diposting : 19 Muharram 1436 H / View : 2855x Tags: ,

Nasihat Bagi Para Penonton Pertandingan (Bola dan lainnya) Pada Bulan RamadhanSoal:

Apa nasihat bagi para pemuda yang mereka itu adalah para pelajar, mereka mengikuti pertandingan-pertandingan seperti piala dunia di waktu sepertiga malam terakhir. Dan saat bulan Ramadhan, pertandingan tersebut diadakan pada waktu shalat Isya dan Tarawih.

 

Jawab:

Wajib bagi kaum muslimin untuk meninggalkan perkara yang sia-sia dan melalaikan, dan hendaknya mereka mengedepankan amal ibadah kepada Allah Azza Wa Jalla, dan janganlah mereka menghabiskan waktu dengan mengikuti perkembangan pertandingan-pertandingan tersebut atau selainnya dari perkara yang sia-sia dan melalaikan, khususnya di bulan Ramadhan yang berberkah.

Wajib bagi kaum muslimin secara keseluruhan dan bagi para pemuda secara khusus, sebab ada diantara mereka tenggelam dalam kerugian dengan pertandingan-pertandingan tersebut dan menontonya. Pada perkara seperti ini tidak ada faidahnya, justru merugikan, menelatarkan waktu. Bagaimana bisa seorang menyia-nyiakan waktunya yang sangat berharga, menelantarkan musim kebaikan yang agung pada bulan Ramadhan dengan mengikuti pertandingan-pertandingan tersebut, ini adalah kerugian yang besar, yang tidak akan bisa tergantikan (waktu tersebut; penj.), maka mereka harus meninggalkan perbuatan seperti itu. Hendaknya mereka mengedepankan peribadahan kepada Allah. Apalagi di bulan Ramadhan, maka hendaknya ia menyibukan waktunya yang berharga dengan ketaatan kepada Allah dan shalat malam serta tahajjud. Inilah yang diperintahkan, dan inilah yang akan kekal dan simpanan untuk mereka di sisi Allah Azza Wa Jalla.

 

[Sumber: http://www.alfawzan.af.org.sa/node/15245]

Subscribe

Ikuti terus manfaat di Alfawzan.Net dengan berlangganan artikel via email dibawah ini. Jangan lupa cek email Anda untuk menyetujui layanan ini.