9 Dhu al-Qidah 1439 :: 22 July 2018

Begadang Di Malam Hari sehingga Terlambat Shalat Subuh

Diposting : 19 Muharram 1436 H / View : 3709x Tags: ,

Begadang Di Malam Hari sehingga Terlambat Shalat SubuhPertanyaan :

Saya tidur hingga larut malam, sehingga saya memasang alarm untuk mengingatkan adzan subuh, dan terkadang saya tidak terbangun kecuali satu jam setelah shalat subuh selesai. Apakah saya mendapatkan dosa akan perbuatan tersebut dan apa yang harus saya lakukan?

Jawaban :

Jika engkau begadang dan tidak tidur hingga berakhirnya malam, maka engkau berdosa.

Wahai saudaraku, tidurlah dan jadikanlah niat dari tidurmu itu untuk bisa bangun melaksanakan shalat subuh. Akan tetapi, jika engkau menjadikan tidurmu di malam hari, dan tidurmu nyenyak sehingga engkaupun tidak terbangun, juga keadaan ini bukanlah kebiasaan, dan hanyalah pada beberapa waktu saja, maka engkau diberikan udzur dengan keadaan seperti ini.

(Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda),

Telah diangkat catatan itu dari tiga golongan, salah satunya: orang yang tidur hingga ia bangun”.

Tapi, jika penyebabnya adalah dirimu sendiri yang membuat engkau tertinggal dari shalat subuh, maka engkau berdosa dengan perbuatan yang diharamkan itu, namun jika bukan dirimu sendiri yang menjadi sebabnya, maka engkau tidaklah berdosa dengannya.

[Sumber: http://www.alfawzan.af.org.sa/node/14834]

Subscribe

Ikuti terus manfaat di Alfawzan.Net dengan berlangganan artikel via email dibawah ini. Jangan lupa cek email Anda untuk menyetujui layanan ini.