24 Dhu al-Qidah 1438 :: 16 August 2017

Apakah Umat Islam di Semua Tempat Merayakan Maulid ?

Diposting : 16 Rabiul Awal 1436 H / View : 6123x Tags: ,

Apakah Umat Islam di Semua Tempat Merayakan MaulidSoal:

Semoga Allah mencurahkan kebaikan kepada Anda, wahai fadhilatusy Syaikh, seorang penanya bertanya:

Saya membaca di buku “Buhuts wa Fataawaa Fiqhiyyah Mu’ashiroh” (Pembahasan dan Fatwa-fatwa Fiqh Kontemporer) karya Ahmad Al Hujjiy Al Kardiy, disana terdapat kalimat : “Ummat Islam di semua tempat merayakan Maulid Nabi Shallallahu ‘alaih wa sallam, maka kitapun merayakannya di bulan yang mulia ini

Pertanyaannya: Apa tanggapan Anda terhadap kalimat ini?, dan perlu diketahui bahwa buku tersebut tersebar luas dan diperjual belikan di toko-toko buku.

Jawab:

Kalimat ini adalah kesalahan dan kesesatan.

Ucapannya: “Ummat Islam di semua tempat merayakan Maulid”, ini adalah kedustaan terhadap dunia Islam, sebab tidak semuanya merayakannya. Yang merayakannya hanyalah para pelaku kebid’ahan saja, adapun ahlussunnah tidak merayakannya, karena itu adalah bid’ah. Maka ucapannya: “Ummat Islam di semua tempat merayakan Maulid”, ini adalah kedustaan darinya, dengan meratakan semuanya ini tidaklah boleh. Karena perayaan maulid nabi adalah perkara bid’ah, tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah, beliau tidak pula memerintahkannya, dan tidak juga dilakukan oleh para shahabatnya dan para generasi terbaik. Yang merayakannya hanyalah para pelaku bid’ah yang datang setelah generasi terbaik tersebut.

Dan ahlussunnah serta para Ulama senantiasa mengingatkan dari bid’ah ini.

Dan Alhamdulillah dunia Islam tidaklah sepakat untuk melakukan perkara bid’ah ini, hanya dari kalangan pelaku bid’ah saja yang merayakannya.

Jikalah dikatakan dengan kalimat: “Sebagian manusia merayakannya” atau “Sebagian ummat Islam merayakannya”, maka ini ada sisi benarnya, karena memang dirayakan oleh orang-orang yang menyandarkan dirinya kepada Islam. Akan tetapi jika dikatakan dengan kalimat yang bermakna keseluruhannya: “Ummat Islam di semua tempat merayakan Maulid”, maka ini adalah kedustaan dan kebatilan.

http://www.alfawzan.af.org.sa/node/3749

Subscribe

Ikuti terus manfaat di Alfawzan.Net dengan berlangganan artikel via email dibawah ini. Jangan lupa cek email Anda untuk menyetujui layanan ini.